Entri Populer

Jumat, 02 November 2012

-Ugly-


Gue nunggu panggilan buat diwawancara. Satu jam hampir lewat. Tapi antrian masih sangat panjang. gue menyeka keringat yang perlahan akan menetes dikening gue. Aneh, perusahaan besar yang punya cabang dimana-mana ini sama sekali ngga punya AC. Belum lagi tempatnya yang terpencil dan bikin gue harus keliling seharian. Kayak perusahaan yang ngga punya hari esok.
“Panas banget yah,..” gue nyoba buka pembicaraan sama cewek tinggi di samping gue.
Dia ngeliat gue sesaat dan mengangguk mengiyakan. Tanpa berkata apa-apa.
Jutek banget, fikir gue.
“Karna Tada Cahaya,.” Panggil seseorang yang menyatakan dirinya sekretaris.
Itu gue. gue berusaha mempersiapkan diri supaya wawancara ini ngga gagal cuman karna kebiasaan gugup gue yang biasanya kambuh kalo udah ngeliat cowok ganteng. Gue menghirup nafas gue dan membuangnya. Dan gue siap!
Memasuki ruangan yang dari mulai ambang pintu aja udah gue rasa kayak ada di kutub utara saking dinginnya. Dan saat gue udah duduk, gue ngeliat jelas kalo tiga cowok yang ada dihadapan gue ganteng semua. Ugh!! Gatau deh sebenernya gue lagi kena sial atau lagi kena keberuntungan. Jantung gue mulai dag dig dug ga menentu.
“Karna Tada Cahaya,.?” Tanya si orang pertama.
“Ya.”
“Punya pengalaman kerja?”
“Belum pak,”
“Keahlian?” tanya si orang kedua.
“Saya bisa mengoperasikan komputer dengan baik pak. Dari mulai microsoft word, exel, power point saya bisa semua pak.”
“Tapi kami membutuhkan seorang sales. Yang akan berjalan 9 jam setiap hari. Menawarkan barang ke setiap rumah. Tidak membutuhkan keahlian anda sama sekali.” Si orang ketiga berkata tegas bahkan terkesan seperti marah.
“Saya yakin saya bisa pak”
“Tapi maaf, anda bukan orang yang kami cari. Anda kekurangan sesuatu hal yang sangat penting untuk bidang ini.”
Gue lemes. Mata gue hampir memerah. Hati gue panas. Gue kayaknya dipanggil cuman formalitas aja. Gue rasa ketiga cowok ganteng itu emang niat ngga akan nerima gue dari awal gue masuk ke ruangan mereka.
Setelah keluar dari ruangan wawancara, gue lari ke toilet dan mencuci muka gue. saat gue ngeliat wajah gue di cermin toilet, gue ngerasa mungkin yang dimaksud kekurangan gue yang sangat dibutuhkan dibidang ini, MUKA GUE??? Karna gue ngga cantik???
Dan gue menjerit sekerasnya.
Dalam perjalanan gue tetep mikirin apa yang melintas di fikiran gue saat gue ada di toilet tadi. Tentang wajah gue yang ngga cantik. Yang bikin orang mandang gue sebelah mata, yang juga bikin orang sama sekali ngga mau mempekerjakan gue. dan gue rasa orang-orang kayak mereka ngga adil memperlakukan orang lain.
Hati kecil gue tetep semangat dan seolah berbisik gue pasti bisa. Dan wajah “ngga cantik” gue bukan masalah besar.
Gue nyari penjual koran disekitar dan membelinya segera. gue akan nyari kerja lagi dan akan terus gue cari. Gue ngga akan menyerah sampai disini. Babeh sama umi gue udah pengen gue mandiri. Terutama soal biaya hidup sendiri.
Ringtone hp gue menjerit
“Halo?”
“Gimana? Lo keterima Kar??? GUE KETERIMAAA...!!! HAHAHA” Tara berteriak dari tempatnya, bikin gue menjauhkan hp dari telinga gue saking melengkingnya suara Tara.
“Gue engga Tar.”
“Kan kerjanya jadi sales doang Kar. Kok bisa ngga keterima??”
“Karna gue jelek”
“Heh!! Lo kok ngongongnya gitu??”
“Emang bener Tar, si bosnya yang bilang sendiri sama gue”
“Hah?? Serius lo??”
“Engga secara langsung gitu Tar. Tapi bahasanya jelas banget.”
“Lo sekarang dimana?”
“Dijalan. Mau pulang.”
“Ohh gitu. Kalo gitu udah dulu ya Kar.”
“Yah”
Gue menekan tombol merah di hp gue. telfon dari Tarapun berakhir.
Gue membuka koran yang gue beli sejenak kemudian menutupnya lagi. perasaan gue ngga enak. Bukan karna Tara yang dapet kerja dan gue engga. Tapi karna gue ngerasa ngga beruntung karna ngga punya muka secantik Tara yang kata orang mirip nikita willy.
BUKK!! Seseorang nabrak gue. koran ditangan gue berserakan di trotoar.
“Maaf mbak” ucapnya sopan.
“Ga papa” gue memungut semua koran gue tanpa ekspresi.
“Mbak ngga papa kan?” katanya lagi.
“Ngga kok” kini gue ngeyakinin dia dengan senyum yang dipaksakan.
Cowok itu tersenyum. “Gue Andra” katanya.
Gue merhatiin cowok didepan gue ini dari atas nyampe bawah. Rambut cepak, mata sipit, hidung mancung, bibir tipis, dengan kemeja biru sekaligus dasi juga sepatu yang gue rasa merk terkenal.
“Kenapa?” tanyanya.
“Lo ngajak gue kenalan?”
Andra menganggukkan kepala.
“Gue Karna.”
Andra kerja di perusahaan swasta asing yang gue ngga bisa sebutin namanya karna gue emang ngga pinter bahasa inggris. Andra tahun ini berumur 24. Dia tinggal di jl.Pahlawan no.11. Banyak banget yang Andra ceritain soal dirinya kemaren. Gue cuman dengerin ocehannya yang gue rasa ngga masuk akal buat dibagi sama orang yang baru dia kenal dijalan. Andra aneh, fikir gue.
Kartu nama perusahaan Andra udah ada di tangan gue. ngedenger gue nyari kerja banting tulang tapi ngga ada hasilnya, Andra nyaranin gue buat bikin lamaran ke perusahaannya yang kebetulan lagi open recruitment besar-besaran untuk cabang yang baru akan dibuka tahun depan.
Tapi pasti ngga gampang masuk perusahaan asing gini, fikir gue sambil megangin kartu nama yang dikasih Andra. Dan setelah beberapa saat gue mutusin buat nyoba ngelamar jadi karyawan minimarket yang akhir-akhir ini juga lagi buka banyak cabang.
“Anda kami terima”
Pernyataan singkat bapak Teddy itu bikin gue hampir loncat. Akhirnya gue keterima kerja. Meski cuman jadi karyawan mini market, tapi semoga aja besok lusa gue bisa pelan-pelan naik jabatan. Gue tersenyum sendiri.
“Terima kasih banyak pak”
Gue ninggalin ruangan pak Teddy dan berjalan pulang.
“Karna!!” seseorang manggil gue dari belakang.
Gue nengok dan mendapati Andra tengah berlari ke arah gue.
Kok dia ada disini?
“Lo dari mana?”
“Gue udah diterima kerja. Heheee” wajah gue berseri saat gue ngebagi kebahagiaan gue ini. Meski sama si aneh Andra.
“Kerja dimana?”
“Mini market tadi.”
“Tawaran gue ga lo ambil? Dan lo malah terima kerja jadi karyawan mini market??”
“Terserah gue dong. Eh makan yuk. Gue traktir”
Andra tersenyum sempurna dan mengangguk.
Gue terpaku. Andra, lo ganteng... bisik gue dalam hati.
“Yuk. Gue yang milih tempatnya yaa” andra narik tangan gue untuk mengikutinya.
Gue nyubit tangan Andra sekuat tenaga.
“AAWWW,...!!” teriak Andra.
“Lo mau ngerampok gue?? gue bukan orang kaya!!” gue hampir teriak ke telinga Andra.
“Gue yang traktir” ucapnya santai.
Andra ngebawa gue ke sebuah restoran sea food yang untuk masuknya aja gue takut. Gue semakin ngerasa Andra aneh. Entah apa yang ada diotak cowok ganteng ini. Sikap-sikapnya ngga bisa ditebak.
“Kar, lo masuk ke perusahaan gue aja... di mini market lo pasti kerja berat. Di perusahaan gue engga Kar,..”
“Ngga deh. Gue di mini market aja. Lagian kalo gue kerja keras gue pasti terus naik gaji, terus naik pangkat juga.”
Andra tersenyum lagi. kali ini sambil mandangin gue.
“Pemikiran lo simpel banget. Lo unik tau Kar,.”
“iya, apalagi kalo lo tau nama panjang gue”
“emang nama panjang lo apa?”
“karna tada cahaya. Lo tau apa artinya? Karena tiada cahaya alias gelap”
“Karna Tada Cahaya?? Keren banget nama lo Kar,.”
Kening gue mengkerut. Keren apanya?
“Gue ngga tau kenapa babeh sama umi gue ngasih nama aneh gitu. Padahal sikap mereka biasa aja kok sama gue. beda sama sikap orang lain ke gue..” intonasi suara gue melemah.
“Maksud lo?”
“Lo liat gue deh Ndra!! Gue jelek ya?”
Andra ngakak. Dia ketawa ennaakk banget. Bikin gue ngga enak hati. Kayaknya Andra lagi bilang kata iya dengan jelas.
“Ohhh jadi menurut lo gitu? Jangan-jangan lo ga mau kerja sama gue juga karna alasan ini. Iya??”
Gue menggeleng. “Bukan!!! Kalo soal itu bukan. Gue cuman ngerasa gue kan lulusan SMA yang ngga punya pengalaman jadi kalo buat kerja di perusahaan besar tempat lo kayaknya gue ngga berani. Gue bisa apa coba?”
“Lo fikir kerja cuman butuh keahlian? Ngga Kar. Kerja tuh cuman butuh satu hal yang lo sebutin tadi, kerja keras. Dengan kerja keras apapun yang lo ga bisa akhirnya akan lo kuasai. Keahlian aja ngga cukup. Dan satu lagi, gue juga lulusan SMA kok. Perusahaan besar malah lebih akan ngeliat kerja keras dibanding keahlian. Orang ahli juga kalo males tetep aja akan jadi sampah perusahaan.”
Gue terkesima. Detik ini gue liat di muka Andra kayak ada sinar terang yang mampu nerangin fikiran gue. Apa yang Andra bilang bener.
“Lo kok baik banget sih Ndra sama gue? lo orang yang paling cepet bisa deket sama gue. temen-temen gue ngga ada yang sebaik ini sama gue, segimanapun gue bikin mereka nyaman sama gue...”
Andra lagi-lagi tersenyum ngeliat gue.
“Mungkin kita jodoh,.” Ucap Andra santai.
Dan gue cuman diem tanpa tau apa yang Andra maksud dengan pernyataan singkatnya.
Gue make kemeja yang baru aja gue beli. Pake rok selutut dan sepatu yang cukup resmi kayak apa yang disaranin Andra. Ternyata Andra bener. Hari ini gue dipanggil ke perusahaannya buat wawancara. Gue seneng banget dan ngasih tau babeh sama umi tentang panggilan kerja di perusahaan besar yang pastinya bergengsi buat ukuran anak lulusan SMA kayak gue.
Selain babeh sama umi, gue juga ngasih tau Tara, Keke dan temen-temen gue yang lain. Kali ini gue ngerasa jadi orang yang paling beruntung dan bisa pamer ternyata seorang gue dengan nama “Karna Tada Cahaya” yang banyak orang artiin gelap juga bisa masuk perusahaan besar.
Gue berjalan pasti. Gue ngga akan ragu kali ini. Gue mau sukses kali ini. Ngga ada yang gue fikirin kecuali masuk ke perusahaan Andra dan bekerja keras disana. Gue mau sukses.
Semangat gue berkobar kayak lagi ngerayaian tujuh belas agustusan.
Hal pertama yang gue cari saat nyampe perusahaan Andra adalah toilet. Gue ngecek penampilan gue di cermin toilet. Gue cuman butuh percaya diri. Ucap gue mantap dalam hati.
“Karna Tada Cahaya,.”
Akhirnya nama gue dipanggil.
Memasuki ruangan kecil namun nyaman kemudian Berhadapan dengan seorang wanita dewasa yang gue rasa umurnya sekitar 30an.
“Saudari Karna?”
“Iya Bu,.”
“Saudari yakin bisa masuk perusahaan kami?”
Gue terhenyak. Intonasi suara itu, pedas dan menusuk.
“Iya Bu” gue masih optimis. Mungkin wanita di depan gue ini cuman nguji keberanian gue. kayak apa yang Andra bilang ke gue juga.
“Saya tidak yakin.” Masih dengan intonasi suara yang sama. Tapi kali ini dengan senyuman mematikan. “Anda tidak bisa saya tempatkan dimanapun. Bahkan untuk menjadi cleaning service.”
Hati gue sakit. Gue ngerti arah pembicaraan wanita ini.
“Karna saya jelek?” kali ini gue ngga mau ngabisin waktu lagi.
“Sepertinya anda lebih tau.”
Gue menggigit bibir bagian bawah, menahan tangis yang mungkin sedetik lagi akan tumpah. Harapan yang gue bangun susah payah. Kepercayaan diri yang gue yakinin setengah mati hancur dalam waktu 10 detik!!
“Kalau begitu terima kasih atas waktunya.” Wanita elegan itu menutup pertemuan kami.
“Terima kasih,.”
Gue berjalan cepat. airmata gue udah jatuh berserakan dipipi gue. hati gue serasa ditusuk-tusuk. Dan semangat gue meleleh kayak es yang dimasukin air panas.
Andra nunggu gue di depan pintu masuk. Saat gue keluar dengan berjalan cepat Andra berlari dan mengambil pergelangan tangan gue hingga langkah gue berhenti.
Gue masih belum mampu berbalik menghadapi Andra. Air mata gue semakin deras.
“Lo diterima kan?” senyum Andra menghiasi wajahnya. Tapi kemudian diikuti rasa kaget dan khawatir ia meraih pundak gue dan akhirnya wajah jelek gue dengan airmata dan muka merah dilihat Andra. Pemandangan buruk yang sempurna, fikir gue.
Andra tidak mengatakan apa-apa. Ia hanya membawa gue dalam pelukannya. Membelai rambut gue lembut dan menyandarkan kepalanya diatas kepala gue.
Gue menangis disana. Gue kecewa, sakit hati, kesal!!
“Gue..”
“Jangan dulu cerita. Lo harus tenang. Itu dulu aja...”
Gue menikmati kerjaan gue jadi karyawan mini market. Setiap hati terlewatkan begitu cepat.
Andra sering mengunjungi mini market tempat gue kerja. Terkadang Andra beli sikat gigi, makanan, atau cuman sekedar dateng. Gue sempet pusing ngeliat Andra tiap hari bolak balik dateng ke mini market, tapi gue juga seneng karna dia selalu dateng.
Hari itu, berlalu begitu saja. Gue tenang di pelukan Andra. Dan Andra, sepertinya ngerasa bersalah. Dia meminta maaf dengan caranya, seperti ngunjungin gue tiap hari di mini market misalnya. Gue ngga nyalahin Andra sama sekali. Gue juga ngga akan menyesali apa yang udah terjadi. Dari kejadian itu gue tau kapasitas gue, dan gue akan bekerja keras demi menjadi lebih baik. Meski cuman di sebuah mini market kecil ini.
“Lo ngapain disini?” gue nemuin Andra di pintu belakang saat gue mau pulang.
“Jemput lo.”
Andra ngambil pergelangan tangan gue sekali lagi. kali ini gue ngerasa kayak ada tegangan tinggi yang tepat nyampe ke hati gue.
“Gue pegang tangan lo ya?”
Gue ngangkat alis.
“Kita jalan kaki sambil ngobrol.”
Gue mengangguk mengerti. Dan Andra menggenggam tangan gue.
“Gue minta maaf soal,..”
“Gak papa. Gue tau maksud lo baik. Makasih ya,..”
“Tadinya gue pengen kita sering ketemu, dengan tempat kerja yang sama. Tapi ternyata gue malah nyakitin lo. Nyampe lo nangis hebat gitu..”
“Udaahh ga usah dibahas.”
“Kalo gitu gue bahas yang lain gimana?”
“Apa?”
“Kita”
“Kita?”
Sebuah kecupan manis mendarat di kening gue.
“Jadi pacar gue Kar,..”
“Gue?”
Andra mengangguk. “Elo. Si jelek yang gue suka dari pertama ketemu. Si jelek yang bikin gue selalu kangen. Si jelek yang pelan-pelan gue sayang...”
“Lo bilang gue jelek saat lo nembak gue??”
Andra ngakak. “Iya, jelek!!”
Gue naik darah. “Bentar, lo bukan pemilik perusahaan besar tempat lo kerja sekarang kan?”
“Kenapa? Lo ngarep gue yang punya?”
“Kayaknya gue udah ngerasa lo kayak cowok kaya yang tiba-tiba jatuh cinta sama cewek miskin. Kayak di drama korea.”
“Kebanyakan nonton film siihhh. Gue cuman manajer disana. Ngga lebih. Dan ngga usah ngarepin lebih!!”
“Sayang banget..”
“Apa?”
“Engga.”
“Jadi?”
“Jadi apa?”
“Kar, lo nguji kesabaran gue???”
Gue tersenyum kemenangan. Dan mengangguk senang.


18 agt 2011
Yuliakula


Tidak ada komentar:

Posting Komentar