Gue nunggu panggilan buat
diwawancara. Satu jam hampir lewat. Tapi antrian masih sangat panjang. gue
menyeka keringat yang perlahan akan menetes dikening gue. Aneh, perusahaan
besar yang punya cabang dimana-mana ini sama sekali ngga punya AC. Belum lagi
tempatnya yang terpencil dan bikin gue harus keliling seharian. Kayak
perusahaan yang ngga punya hari esok.
“Panas banget yah,..” gue nyoba
buka pembicaraan sama cewek tinggi di samping gue.
Dia ngeliat gue sesaat dan
mengangguk mengiyakan. Tanpa berkata apa-apa.
Jutek banget, fikir gue.
“Karna Tada Cahaya,.” Panggil
seseorang yang menyatakan dirinya sekretaris.
Itu gue. gue berusaha
mempersiapkan diri supaya wawancara ini ngga gagal cuman karna kebiasaan gugup
gue yang biasanya kambuh kalo udah ngeliat cowok ganteng. Gue menghirup nafas
gue dan membuangnya. Dan gue siap!
Memasuki ruangan yang dari mulai
ambang pintu aja udah gue rasa kayak ada di kutub utara saking dinginnya. Dan
saat gue udah duduk, gue ngeliat jelas kalo tiga cowok yang ada dihadapan gue
ganteng semua. Ugh!! Gatau deh sebenernya gue lagi kena sial atau lagi kena
keberuntungan. Jantung gue mulai dag dig dug ga menentu.
“Karna Tada Cahaya,.?” Tanya si
orang pertama.
“Ya.”
“Punya pengalaman kerja?”
“Belum pak,”
“Keahlian?” tanya si orang kedua.
“Saya bisa mengoperasikan
komputer dengan baik pak. Dari mulai microsoft word, exel, power point saya
bisa semua pak.”
“Tapi kami membutuhkan seorang
sales. Yang akan berjalan 9 jam setiap hari. Menawarkan barang ke setiap rumah.
Tidak membutuhkan keahlian anda sama sekali.” Si orang ketiga berkata tegas
bahkan terkesan seperti marah.
“Saya yakin saya bisa pak”
“Tapi maaf, anda bukan orang yang
kami cari. Anda kekurangan sesuatu hal yang sangat penting untuk bidang ini.”
Gue lemes. Mata gue hampir
memerah. Hati gue panas. Gue kayaknya dipanggil cuman formalitas aja. Gue rasa
ketiga cowok ganteng itu emang niat ngga akan nerima gue dari awal gue masuk ke
ruangan mereka.
Setelah keluar dari ruangan
wawancara, gue lari ke toilet dan mencuci muka gue. saat gue ngeliat wajah gue
di cermin toilet, gue ngerasa mungkin yang dimaksud kekurangan gue yang sangat
dibutuhkan dibidang ini, MUKA GUE??? Karna gue ngga cantik???
Dan gue menjerit sekerasnya.
♥
Dalam perjalanan gue tetep
mikirin apa yang melintas di fikiran gue saat gue ada di toilet tadi. Tentang
wajah gue yang ngga cantik. Yang bikin orang mandang gue sebelah mata, yang
juga bikin orang sama sekali ngga mau mempekerjakan gue. dan gue rasa
orang-orang kayak mereka ngga adil memperlakukan orang lain.
Hati kecil gue tetep semangat dan
seolah berbisik gue pasti bisa. Dan wajah “ngga cantik” gue bukan masalah
besar.
Gue nyari penjual koran disekitar
dan membelinya segera. gue akan nyari kerja lagi dan akan terus gue cari. Gue
ngga akan menyerah sampai disini. Babeh sama umi gue udah pengen gue mandiri.
Terutama soal biaya hidup sendiri.
Ringtone hp gue menjerit
“Halo?”
“Gimana? Lo keterima Kar??? GUE
KETERIMAAA...!!! HAHAHA” Tara berteriak dari tempatnya, bikin gue menjauhkan hp
dari telinga gue saking melengkingnya suara Tara.
“Gue engga Tar.”
“Kan kerjanya jadi sales doang
Kar. Kok bisa ngga keterima??”
“Karna gue jelek”
“Heh!! Lo kok ngongongnya gitu??”
“Emang bener Tar, si bosnya yang
bilang sendiri sama gue”
“Hah?? Serius lo??”
“Engga secara langsung gitu Tar.
Tapi bahasanya jelas banget.”
“Lo sekarang dimana?”
“Dijalan. Mau pulang.”
“Ohh gitu. Kalo gitu udah dulu ya
Kar.”
“Yah”
Gue menekan tombol merah di hp
gue. telfon dari Tarapun berakhir.
Gue membuka koran yang gue beli
sejenak kemudian menutupnya lagi. perasaan gue ngga enak. Bukan karna Tara yang
dapet kerja dan gue engga. Tapi karna gue ngerasa ngga beruntung karna ngga
punya muka secantik Tara yang kata orang mirip nikita willy.
BUKK!! Seseorang nabrak gue.
koran ditangan gue berserakan di trotoar.
“Maaf mbak” ucapnya sopan.
“Ga papa” gue memungut semua
koran gue tanpa ekspresi.
“Mbak ngga papa kan?” katanya
lagi.
“Ngga kok” kini gue ngeyakinin
dia dengan senyum yang dipaksakan.
Cowok itu tersenyum. “Gue Andra”
katanya.
Gue merhatiin cowok didepan gue
ini dari atas nyampe bawah. Rambut cepak, mata sipit, hidung mancung, bibir
tipis, dengan kemeja biru sekaligus dasi juga sepatu yang gue rasa merk
terkenal.
“Kenapa?” tanyanya.
“Lo ngajak gue kenalan?”
Andra menganggukkan kepala.
“Gue Karna.”
♥
Andra kerja di perusahaan swasta
asing yang gue ngga bisa sebutin namanya karna gue emang ngga pinter bahasa
inggris. Andra tahun ini berumur 24. Dia tinggal di jl.Pahlawan no.11. Banyak
banget yang Andra ceritain soal dirinya kemaren. Gue cuman dengerin ocehannya
yang gue rasa ngga masuk akal buat dibagi sama orang yang baru dia kenal
dijalan. Andra aneh, fikir gue.
Kartu nama perusahaan Andra udah
ada di tangan gue. ngedenger gue nyari kerja banting tulang tapi ngga ada
hasilnya, Andra nyaranin gue buat bikin lamaran ke perusahaannya yang kebetulan
lagi open recruitment besar-besaran untuk cabang yang baru akan dibuka tahun
depan.
Tapi pasti ngga gampang masuk
perusahaan asing gini, fikir gue sambil megangin kartu nama yang dikasih Andra.
Dan setelah beberapa saat gue mutusin buat nyoba ngelamar jadi karyawan
minimarket yang akhir-akhir ini juga lagi buka banyak cabang.
♥
“Anda kami terima”
Pernyataan singkat bapak Teddy
itu bikin gue hampir loncat. Akhirnya gue keterima kerja. Meski cuman jadi
karyawan mini market, tapi semoga aja besok lusa gue bisa pelan-pelan naik
jabatan. Gue tersenyum sendiri.
“Terima kasih banyak pak”
Gue ninggalin ruangan pak Teddy
dan berjalan pulang.
“Karna!!” seseorang manggil gue
dari belakang.
Gue nengok dan mendapati Andra
tengah berlari ke arah gue.
Kok dia ada disini?
“Lo dari mana?”
“Gue udah diterima kerja. Heheee”
wajah gue berseri saat gue ngebagi kebahagiaan gue ini. Meski sama si aneh
Andra.
“Kerja dimana?”
“Mini market tadi.”
“Tawaran gue ga lo ambil? Dan lo
malah terima kerja jadi karyawan mini market??”
“Terserah gue dong. Eh makan yuk.
Gue traktir”
Andra tersenyum sempurna dan
mengangguk.
Gue terpaku. Andra, lo ganteng... bisik gue dalam hati.
“Yuk. Gue yang milih tempatnya
yaa” andra narik tangan gue untuk mengikutinya.
♥
Gue nyubit tangan Andra sekuat
tenaga.
“AAWWW,...!!” teriak Andra.
“Lo mau ngerampok gue?? gue bukan
orang kaya!!” gue hampir teriak ke telinga Andra.
“Gue yang traktir” ucapnya
santai.
Andra ngebawa gue ke sebuah
restoran sea food yang untuk masuknya aja gue takut. Gue semakin ngerasa Andra
aneh. Entah apa yang ada diotak cowok ganteng ini. Sikap-sikapnya ngga bisa
ditebak.
“Kar, lo masuk ke perusahaan gue
aja... di mini market lo pasti kerja berat. Di perusahaan gue engga Kar,..”
“Ngga deh. Gue di mini market
aja. Lagian kalo gue kerja keras gue pasti terus naik gaji, terus naik pangkat
juga.”
Andra tersenyum lagi. kali ini
sambil mandangin gue.
“Pemikiran lo simpel banget. Lo
unik tau Kar,.”
“iya, apalagi kalo lo tau nama
panjang gue”
“emang nama panjang lo apa?”
“karna tada cahaya. Lo tau apa
artinya? Karena tiada cahaya alias gelap”
“Karna Tada Cahaya?? Keren banget
nama lo Kar,.”
Kening gue mengkerut. Keren apanya?
“Gue ngga tau kenapa babeh sama
umi gue ngasih nama aneh gitu. Padahal sikap mereka biasa aja kok sama gue.
beda sama sikap orang lain ke gue..” intonasi suara gue melemah.
“Maksud lo?”
“Lo liat gue deh Ndra!! Gue jelek
ya?”
Andra ngakak. Dia ketawa ennaakk
banget. Bikin gue ngga enak hati. Kayaknya Andra lagi bilang kata iya dengan
jelas.
“Ohhh jadi menurut lo gitu?
Jangan-jangan lo ga mau kerja sama gue juga karna alasan ini. Iya??”
Gue menggeleng. “Bukan!!! Kalo
soal itu bukan. Gue cuman ngerasa gue kan lulusan SMA yang ngga punya
pengalaman jadi kalo buat kerja di perusahaan besar tempat lo kayaknya gue ngga
berani. Gue bisa apa coba?”
“Lo fikir kerja cuman butuh
keahlian? Ngga Kar. Kerja tuh cuman butuh satu hal yang lo sebutin tadi, kerja
keras. Dengan kerja keras apapun yang lo ga bisa akhirnya akan lo kuasai.
Keahlian aja ngga cukup. Dan satu lagi, gue juga lulusan SMA kok. Perusahaan
besar malah lebih akan ngeliat kerja keras dibanding keahlian. Orang ahli juga
kalo males tetep aja akan jadi sampah perusahaan.”
Gue terkesima. Detik ini gue liat
di muka Andra kayak ada sinar terang yang mampu nerangin fikiran gue. Apa yang
Andra bilang bener.
“Lo kok baik banget sih Ndra sama
gue? lo orang yang paling cepet bisa deket sama gue. temen-temen gue ngga ada
yang sebaik ini sama gue, segimanapun gue bikin mereka nyaman sama gue...”
Andra lagi-lagi tersenyum ngeliat
gue.
“Mungkin kita jodoh,.” Ucap Andra
santai.
Dan gue cuman diem tanpa tau apa
yang Andra maksud dengan pernyataan singkatnya.
♥
Gue make kemeja yang baru aja gue
beli. Pake rok selutut dan sepatu yang cukup resmi kayak apa yang disaranin
Andra. Ternyata Andra bener. Hari ini gue dipanggil ke perusahaannya buat
wawancara. Gue seneng banget dan ngasih tau babeh sama umi tentang panggilan
kerja di perusahaan besar yang pastinya bergengsi buat ukuran anak lulusan SMA
kayak gue.
Selain babeh sama umi, gue juga
ngasih tau Tara, Keke dan temen-temen gue yang lain. Kali ini gue ngerasa jadi
orang yang paling beruntung dan bisa pamer ternyata seorang gue dengan nama
“Karna Tada Cahaya” yang banyak orang artiin gelap juga bisa masuk perusahaan
besar.
Gue berjalan pasti. Gue ngga akan
ragu kali ini. Gue mau sukses kali ini. Ngga ada yang gue fikirin kecuali masuk
ke perusahaan Andra dan bekerja keras disana. Gue mau sukses.
Semangat gue berkobar kayak lagi
ngerayaian tujuh belas agustusan.
Hal pertama yang gue cari saat
nyampe perusahaan Andra adalah toilet. Gue ngecek penampilan gue di cermin
toilet. Gue cuman butuh percaya diri. Ucap gue mantap dalam hati.
“Karna Tada Cahaya,.”
Akhirnya nama gue dipanggil.
Memasuki ruangan kecil namun
nyaman kemudian Berhadapan dengan seorang wanita dewasa yang gue rasa umurnya
sekitar 30an.
“Saudari Karna?”
“Iya Bu,.”
“Saudari yakin bisa masuk
perusahaan kami?”
Gue terhenyak. Intonasi suara
itu, pedas dan menusuk.
“Iya Bu” gue masih optimis.
Mungkin wanita di depan gue ini cuman nguji keberanian gue. kayak apa yang
Andra bilang ke gue juga.
“Saya tidak yakin.” Masih dengan
intonasi suara yang sama. Tapi kali ini dengan senyuman mematikan. “Anda tidak
bisa saya tempatkan dimanapun. Bahkan untuk menjadi cleaning service.”
Hati gue sakit. Gue ngerti arah
pembicaraan wanita ini.
“Karna saya jelek?” kali ini gue
ngga mau ngabisin waktu lagi.
“Sepertinya anda lebih tau.”
Gue menggigit bibir bagian bawah,
menahan tangis yang mungkin sedetik lagi akan tumpah. Harapan yang gue bangun
susah payah. Kepercayaan diri yang gue yakinin setengah mati hancur dalam waktu
10 detik!!
“Kalau begitu terima kasih atas
waktunya.” Wanita elegan itu menutup pertemuan kami.
“Terima kasih,.”
Gue berjalan cepat. airmata gue
udah jatuh berserakan dipipi gue. hati gue serasa ditusuk-tusuk. Dan semangat
gue meleleh kayak es yang dimasukin air panas.
Andra nunggu gue di depan pintu
masuk. Saat gue keluar dengan berjalan cepat Andra berlari dan mengambil
pergelangan tangan gue hingga langkah gue berhenti.
Gue masih belum mampu berbalik
menghadapi Andra. Air mata gue semakin deras.
“Lo diterima kan?” senyum Andra
menghiasi wajahnya. Tapi kemudian diikuti rasa kaget dan khawatir ia meraih
pundak gue dan akhirnya wajah jelek gue dengan airmata dan muka merah dilihat
Andra. Pemandangan buruk yang sempurna, fikir gue.
Andra tidak mengatakan apa-apa.
Ia hanya membawa gue dalam pelukannya. Membelai rambut gue lembut dan
menyandarkan kepalanya diatas kepala gue.
Gue menangis disana. Gue kecewa,
sakit hati, kesal!!
“Gue..”
“Jangan dulu cerita. Lo harus
tenang. Itu dulu aja...”
♥
Gue menikmati kerjaan gue jadi
karyawan mini market. Setiap hati terlewatkan begitu cepat.
Andra sering mengunjungi mini
market tempat gue kerja. Terkadang Andra beli sikat gigi, makanan, atau cuman
sekedar dateng. Gue sempet pusing ngeliat Andra tiap hari bolak balik dateng ke
mini market, tapi gue juga seneng karna dia selalu dateng.
Hari itu, berlalu begitu saja.
Gue tenang di pelukan Andra. Dan Andra, sepertinya ngerasa bersalah. Dia
meminta maaf dengan caranya, seperti ngunjungin gue tiap hari di mini market
misalnya. Gue ngga nyalahin Andra sama sekali. Gue juga ngga akan menyesali apa
yang udah terjadi. Dari kejadian itu gue tau kapasitas gue, dan gue akan
bekerja keras demi menjadi lebih baik. Meski cuman di sebuah mini market kecil
ini.
“Lo ngapain disini?” gue nemuin
Andra di pintu belakang saat gue mau pulang.
“Jemput lo.”
Andra ngambil pergelangan tangan
gue sekali lagi. kali ini gue ngerasa kayak ada tegangan tinggi yang tepat
nyampe ke hati gue.
“Gue pegang tangan lo ya?”
Gue ngangkat alis.
“Kita jalan kaki sambil ngobrol.”
Gue mengangguk mengerti. Dan
Andra menggenggam tangan gue.
“Gue minta maaf soal,..”
“Gak papa. Gue tau maksud lo
baik. Makasih ya,..”
“Tadinya gue pengen kita sering
ketemu, dengan tempat kerja yang sama. Tapi ternyata gue malah nyakitin lo.
Nyampe lo nangis hebat gitu..”
“Udaahh ga usah dibahas.”
“Kalo gitu gue bahas yang lain
gimana?”
“Apa?”
“Kita”
“Kita?”
Sebuah kecupan manis mendarat di
kening gue.
“Jadi pacar gue Kar,..”
“Gue?”
Andra mengangguk. “Elo. Si jelek
yang gue suka dari pertama ketemu. Si jelek yang bikin gue selalu kangen. Si
jelek yang pelan-pelan gue sayang...”
“Lo bilang gue jelek saat lo
nembak gue??”
Andra ngakak. “Iya, jelek!!”
Gue naik darah. “Bentar, lo bukan
pemilik perusahaan besar tempat lo kerja sekarang kan?”
“Kenapa? Lo ngarep gue yang
punya?”
“Kayaknya gue udah ngerasa lo
kayak cowok kaya yang tiba-tiba jatuh cinta sama cewek miskin. Kayak di drama
korea.”
“Kebanyakan nonton film siihhh.
Gue cuman manajer disana. Ngga lebih. Dan ngga usah ngarepin lebih!!”
“Sayang banget..”
“Apa?”
“Engga.”
“Jadi?”
“Jadi apa?”
“Kar, lo nguji kesabaran gue???”
Gue tersenyum kemenangan. Dan
mengangguk senang.
18 agt 2011
Yuliakula
